Jember – Biro Urusan Guru Bantu dan Da’i (UGB & Da’i) Yayasan Miftahul Ulum Banyuputih Kidul Jatiroto Lumajang untuk pertama kalinya sukses menggelar kegiatan Musabaqah antar Santri (MAS) di Pondok Pesantren Miftahul Ulum Sumberbaru Kabupaten Jember yang diasuh oleh Gus Abdul Muqit (19/01/20)

Musabaqah anta Santri (MAS) perdana ini diikuti oleh 400 peserta dari utusan madrasah dan pesantren yang telah mengambil guru bantu dari Pondok Pesantren Miftahul Ulum Banyuputih Kidul yang terdiri dari 56 Lembaga yang tersebar di seluruh Provinsi Jawa Timur.

Ketua pelaksana, M. Fathur Rosi, SH, “Dari sejak berdirinya organisasi ini, yaitu sekitar tahun 1979-an, baru pada tahun 2020 ini Musabaqah Santri (MAS) ini bisa dilaksanakan. Kegiatan ini sebenarnya sudah terkonsep sejak 3 tahun lalu, namun terealisasinya baru sekarang,” jelasnya.

Cabang yang diperlombakan dalam MAS ini meliputi sebelas cabang : Praktek Shalat berjamaah, Cerdas Cermat, Pildacil (Pemilihan Dai Cilik), Belajar Merangkai Kalimat Arab, Tahfidzul kutub (Arbain Nawawi, Kifayatul Awam), Tartil Dewasa dan anak-anak, belajar baca kitab kuning (Sullam Taufiq, Mukhtasar Jiddan dan Fathul Qarib).

Kegiatan yang dimulai jam 08.00 ini dibuka langsung oleh salah satu anggota majlis keluarga sekaligus kepada Bidang Dakwah Yayasan Miftahul Ulum, KH. M. Muhsin Baist (Pengasuh Pondok Pesantren Miftahul Ulum Yosorati Sumberbaru Jember)

Sementara itu, Abdur Rahman, S.Pd dalam sambutannya menjelaskan “MAS ini terlaksana atas inisiatif dari hasil musyawarah rutinan Penanggung Jawab Guru Bantu (PJGB), guna mempererat tali silaturrahmi dan dalam rangka meningkatkan kualitas tafaqqahu fid ad-diin,” ungkapnya.  Beliau berharap, dari pelaksanaan MAS ini bisa menghasilkan santri yang unggul, intelektual dan ber-akhlakul karimah ala ahlus sunnah wal jama’ah. Imbuhnya.

Lebih dari itu pelaksanaan MAS ini juga imgim memberikan motivasi santri untuk semangat belajar dan sebagai sarana bagi Guru Bantu (GB) untuk mengevaluasi proses pembelajarn di tempat tugas masing-masing.

Pelaksanaan lomba ini disambut meriah oleh masyarakat setempat, hal ini terbukti Banyak warga yang telah antusias menyaksikan acara tersebut baik menyaksikan secara langsung atau lewat media sosial.

Tampil sebagai Juara Umum dalam MAS perdana ini adalah Pondok Pesantren Darul Hidayah Gambirono Bangsalsari Jember asuhan KH. Badrus Shodiq – Muballigh Kondang asal Jember Alumni Pondok Pesantren Miftahul Ulum Banyuputih Kidul.

Piala bergilir diserahkan langsung oleh Pembina Biro UGB dan Da’I Yayasan Miftahul Ulum H. Sarto kepada Ketua Kafilah PP. Darul Hidayah Ahmad Fathur Rozi.

Leave a Reply