Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umroh (KBIHU) Miftahul Ulum Banyuputih Kidul Jatiroto Lumajang, menggelar manasik haji kedua bagi jamaah calon haji (JCH) yang akan berangkat haji tahun 2020 ini. Kegiatan manasik kali ini dilaksanakan di Aula Pondok Pesantren Miftahul Ulum Ahad (5/1/20).
“Menurut penuturan Sekretaris KBIHU Miftahul Ulum Jumali, S.Pd

Manasik kali ini adalah manasik kedua yang kami laksanakan. Dimana pada manasik perdana dan ta’aruf jamaah calon dihadiri langsung oleh kepala Kementerian Agama Kabupaten Lumajang – H. Fachrurrozi, M.H.I dan Kasie. PHU. Kemenag Lumajang

Manasik haji dihadiri langsung oleh KH. M. Husni Zuhri selaku pembimbing KBIHU dan pengasuh Pondok Pesantren Miftahul Ulum, beberapa pengurus KBIH.

Dalam sambutannya, Rois Syuriah PCNU Lumajang ini memberikan motivasi dan arahan kepada para jamaah yang hadir “Anggap Manasik Ini sebagai Forum Perkuliahan. Bapak ibu nanti akan diwisuda. Namun tidak memakai toga. Toganya nanti memakai sorban, kopyah dan jubah. Bahkan bapak ibu juga akan mendapatkan gelar SH (Sudah Haji). Bapak ibu pun nanti akan mendapatkan piagam. Tapi piagamnya tidak bisa dipakai melamar kerja. Tetapi untuk melamar kepada Allah untuk mendapatkan surga.”.

Kegiatan manasik haji dilakukan sebelum berangkat ke tanah suci untuk melatih para JCH, agar tiba dan beribadah di tanah suci Mekkah melaksanakan tahapan-tahapan ibadah haji dengan mudah. Demikian pula sebaliknya, serta melakukan ibadah salat lima waktu bersama salat-salat sunnah lainnya. Ujar H. Ahmat Munir Ketua KBIH Miftahul Ulum

Sebanyak 145 Jama’ah Calon Haji dengan khidmat mengikuti kegiatan manasik dan mendengarkan materi yang oleh Pengasuh dan para pemateri H. Sholeh Ardiansyah.

“Jumlah ini hanya sementara kemungkinan terus akan bertambah sebagaimana tahun-tahun sebelumnya” ujar Staf Sekretaris KBIHU M. Fathur Rosi, SH.

Leave a Reply