WWW.MUBAKID.OR.IDMomentum tahun baru Hijriah 1441 H, dimanfaatkan oleh Yayasan dan Pondok Pesantren Miftahul Ulum Banyuputih Kidul dengan menggelar kegiatan Khitan Massal Gratis dan Santunan Anak Yatim. Kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap setahun ini digelar tepat pada tanggal 10 Muharram 1441 H atau Selasa (10/09/19) di Komplek Pondok Pesantren Miftahul Ulum Banyuputih Kidul.

Kegiatan diawali dengan penampilan shalawat Al-Mawaddah PPMU Bakid. Kemudian dilanjutkan dengan acara seremonial yang ditempatkan di gedung Aula Putra. Acara dihadiri oleh majelis keluarga, pengurus yayasan, pimpinan lembaga dan peserta khitan dan anak yatim didampingi oleh orang tua masing-masing, juga salah satu penggagas kegiatan ini yang sekarang menjadi anggota DPRD Kabupaten Lumajang Usman Afandi, S.Pd

Dalam sambutannya, Ketua Yayasan Miftahul Ulum menyampaikan bahwa Kegiatan ini merupakan salah satu program Yayasan yang dilaksanakan rutin setiap tahun dan dilaksanakan bertepatan dengan hari Asyura’ (10 Muharram). “Kegiatan kali ini mengambil tema Bakid Peduli dan Berbagi Tiada Henti. Tema ini dimaksudkan memberikan pembelajaran bagi para santri untuk memiliki sifat peduli dan mau berbagi kepada sesama khususnya anak-anak yatim” tambanhya

Bendahara PCNU Lumajang ini juga menyampaikan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah ikut berpartisipasi mendukung suksesnya kegiatan ini.  Wabilkhusus Puskesmas Jatiroto, Klinik NU Lumajang, Rumah Khitan Canggih Paiton Probolinggo, Apotek Legowo Jember dan semua lembaga di bawah naungan Yayasan Miftahul Ulum Banyuputih Kidul.

Sementara itu, Petugas Puskesmas Jatiroto yang hadir dalam kegiatan ini H. Muki Irwansyah juga menyampaikan dan memberikan arahan dan penjelasan tentang manfaat khitan dari sisi medis dan kesehatan.

Sebanyak 12 anak dari warga sekitar pesantren mengikuti kegiatan khitan massal kali ini dan sebanyak 21 yatim mendapatkan santunan yang terdiri 16 santri aktif PPMU dan 5 dari luar pesantren. Masing-masing mendapatkan bingkisan dan uang tunai sebelum pelaksanaan khitan. Pemberian bingkisan diserahkan langsung oleh KH. Muhsin Ba’its, Ketua Yayasan dan seluruh pimpinan lembaga di bawah naungan yayasan Miftahul Ulum.

Usai acara penyerahan bingkisan dari Yayasan dan Lembaga, dilanjutkan pelaksanaan khitan yang ditempatkan di Gedung Poskestren. Sementara khusus anak-anak yatim diadakan santunan oleh 3000-an santri putra Pondok Pesantren Miftahul Ulum, Asatidz, Guru dan Dosen. Para santri, asatidz, guru dan dosen dengan sabar antri hingga mengular 10 meter untuk mengusap kepala anak-anak yatim yang duduk di depan kantor yayasan sebagai bentuk kasih sayang kepada mereka.

Hasil pantauan mubakid.or.id, setelah diadakan penghitungan di kantor yayasan, uang santunan dari para santri, asatidz, guru dan dosen terkumpul sebanyak Rp. 19.151.000,- (sembilan belas juta seratus lima puluh seribu rupiah). Uang tersebut kemudian diserahkan langsung oleh Ketua Yayasan, Usman Afandi, S.Pd (DPRD Lumajang), Ketua Poskestren dan para pimpina lembaga. Masing-masing anak mendapatkan 912.000,-

Leave a Reply