Dalam rangka meningkatkan kompetensi dan profesionalisme guru dan peningkatan mutu madrasah di abad 21 pada MTs. Miftahul Ulum mengadakan pembinaan dan pendampingan pengembangan profesionalisme tanaga pendidik dan Mutu Madrasah di lingkungan MTs. Miftahul Ulum Banyuputih Kidul Kamis (1/8/2019) di aula Gedung Terpadu Miftahul Ulum lantai 3. Pembinaan dibuka oleh Ketua Yayasan Miftahul Ulum H. Maksum, S.Ag, dan diteruskan penyampaian Pemateri oleh PPAI Kecamatan Jatiroto Drs. Achmad Junaedi, M.M.

Dalam penyampaiannya, menyampaikan tentang subtansi dan perbedaan kurikulum 2013 dan KTSP. Di samping itu,  memotivasi agar tenaga pendidik terus menerus meningkatkan kualitas diri dan melakukan inovasi-inovasi dalam rangka meningkatkan mutu madrasah.

“Diantaranya agar guru  mampu mengupdate dan menguasai materi, mempunyai integritas yang baik dan dapat mengenal karakteristik peserta didik,” teranngnya

P. Junaedi dalam pengarahannya berharap guru mampu mengembangkan madrasah melalui inovasi baru.

ASN yang sudah puluhan tahun menjadi pengawas ini juga manambahkan, semangat membangun madrasah harus diwujudkan melalui 4 kompetensi guru, yakni kompetensi pedagogik, kepribadian, profesional dan sosial..

Kompetensi Pedagogik yakni guru harus mempunyai kemampuan menguasai teori belajar prinsip pembelajaran, pengembangan kurikulum,  memanfaatkan tehnologi informasi dan melakukan penilaian atau evaluasi hasil belajar.

Kompetensi Kepribadian bahwa guru harus mempunyai sifat jujur dan dan herahlak mulia menunjukan peibadi yang konsisten  dan berwibawa, memiliki etos kerja yang tinggi dan bertanggungjawab

Kompetensi Sosial bahwa guru harus bisa beradaptasi dimanapun berada dapat berkomunikasi dengan berbagai komunitas.

Kompetensi profesional yakni bahwa guru harus menguasai materi  prinsip keilmuan yang mendukung, mampu mengembangkan materi pelajaran yang diampu,  mengembangkan keprofesional secara berkelanjutan, bisa memanfaatkan tehnologi

Di era milineal dan revolusi industri  4.0 guru diharapkan semakin profesional dan madrasah semakin hebat dan bermartabat.

Leave a Reply