www.mubakid.or.id-Mengawali kegiatan pembelajaran tahun ajaran 2019/2020, pengurus Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum mengadakan kegiatan Sosialisasi Program Madrasah bagi Wali Murid MI Miftahul Ulum pada Selasa (23/07/19). Menurut kepala MI-MU Bakid, Nurhafi, S.Pd kegiatan ini bertujuan untuk membangun kerjasama dan sinergitas antara pihak madrasah, wali murid dan stakeholder agar program-program yang telah ditetapkan dapat berjalan dengan sukses secara maksimal dan dapat mencapai tujuan pendidikan yang kita harapkan bersama.

Bertempat di Aula Pondok Pesantren Miftahul Ulum Banyuputih Kidul, kegiatan sosialisasi hari ini dihadiri langsung oleh Ketua Dewan Pembina Yayasan Miftahul Ulum (YMU) KH. M. Husni Zuhri, Drs. Mochammad Nasir, MP.Fis Direktur Pendidikan Dasar dan Menengah YMU, anggota dewan Komite Madrasah sekalgus Anggota DPRD Lumajang Usman Afandi, S.Pd dan seluruh wali murid MI. Miftahul Ulum.

Dalam sambutannya, KH. M. Husni Zuhri mengajak para wali murid untuk membangun kerjasama dan bersinergi agar program-program madrasah yang telah ditetapkan dapat terealisasi, sehingga apa yang kita cita-citakan sebagaimana yang juga yang diimpikan oleh para sesepuh pendiri pesantren ini dapat terwujud dengan baik yaitu mencetak generasi muslim yang beriman dab bertaqwa, berilmu pengetahuan luas dan berakhlakul karimah ala aqidah ahlus sunnah wal jamaah. Beliau juga mengajak kepada seluruh wali murid agar untuk membangun kekompakan dan kebersamaan agar program-program madrasah dapat terealisasi dengan baik dan disertai dengan niat yang ikhlas karena Allah.

“Mari kita mantapkan dan murnikan niat bahwa tujuan kita semua menyekolahkan anak kita adalah semata-mata mengharap ridha dari Allah swt.” Imbuhnya.

Sementara itu, Drs. Mochammad Nasir, MP.Fis menyampaikan mengapresiasi atas kegiatan ini. Kegiatan sosialisasi seperti ini sangat penting untuk menjalin kerjasama yang solid antara yayasan sebagai penyelenggara, pihak madrasah dan para wali murid dalam mendidik putra-putri mereka.

Kegiatan yang dilaksanakan sejak jam 13.00 ini berakhir pada pukul 15.00 wib. Namun sebelum diakhiri kegiatan sosialisasi diisi dengan dialog antara wali murid dan pihak madrasah untuk menampung usulan dan masukan dari wali murid untuk kemajuan madrasah ke depan. Salah satu wali murid yang juga anggota Kodim Jatiroto mengatakan “kegiatan seperti ini sangat baik agar tujuan pendidikan dapat tercapai.” “Sebagai wali murid kami sangat berharap bahwa setelah menempuh pendidikan di madrasah ini tidak hanya memiliki ilmu pengetahuan yang luas tetapi yang terpenting memiliki karakter dan akhlak yang mulya dan menjadi manusia yang religius” Sambung salah satu wali murid dari Banyuputih Lor

Di antara isi sosialisasi tersebut adalah orang tua mempunyai kewajiban untuk mendampingi serta mengawasi putra-putrinya saat berada di lingkungan keluarga. Selain itu, orang tua siswa juga wajib mendukung aturan dan program madrasah yang telah dicanangkan oleh pihak madrasah. Kewajiban mendidik siswa adalah kewajiban bersama antara madrasah dan orang tua/wali siswa, sehingga perlu dijalin kerja sama yang baik sejak dini. Sedangkan program unggulan MI Miftahul Ulum yaitu program tahfidz juz 30 sebelum lulus dari MI, tadarus bersama sebelum memulai pelajaran, istighatsah, Program Pelatihan Kesenian Hadrah Al-Banjari dan pembiasaan Ibadah secara berjamaah dll.

Leave a Reply